• Selasa, 25 Januari 2022 | 20:55
MoeslimChoiceTV

Pakar Hukum Tata Negara, Refly Harun menyindir secara halus Ketua Umum PSI, Giring Ganesha. Menurut Refly, Giring adalah orang yang hebat. Meski belum menyelesaikan pendidikan strata 1 (S-1), namun sudah menjadi ketua umum partai, dan berpidato di hadapan Presiden Joko Widodo. 

"Hebat yah, belum S1 sudah jadi ketua umum partai, dan bisa pidato depan Presiden Jokowi," Refly Harun, Pakar Hukum Tata Negara.

Pada awalnya, Refly Harun menanggapi nyinyiran Giring pada Anies yang disampaikan persis di depan Presiden Joko Widodo.

Giring menuding Anies sebagai 'pembohong'. Meski tidak menyebut secara langsung nama yang dimaksud, publik meyakini bahwa itu adalah Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. 

Refly kemudian membandingkan Anies Baswedan yang pernah menjadi Rektor di Universitas Paramadina, dan Giring Ganesha sebagai mahasiswa di kampus yang sama. 

Meskipun berasal dari almamater yang sama, menurut Refly, Giring adalah mahasiswa yang drop out atau dikeluarkan. 

"Giring ini, adalah mahasiswa DO dari Universitas Paramadina, sementara Anies adalah mantan rektor. Berarti rektor dan mantan mahasiswanya, tahu bagaimana duduk perkaranya," Refly Harun, Pakar Hukum Tata Negara. 

Refly pun kemudian merinci data Giring Ganesha yang terekap dalam PDDikti. Dalam keterangan tersebut, Refly menyebut bahwa status awal mahasiswa Giring adalah pindahan, status mahasiswa dikeluarkan. 

Meski begitu, Refly menegaskan, bahwa tidak selamanya mahasiswa yang dikeluarkan dari Universitas diukur dari kemampuan, melainkan bisa juga karena faktor lain, seperti kesibukan membangun karir misalnya, sehingga tidak sempat untuk melanjutkan kuliah lagi. 

"Tetapi kita tahu, dikeluarkan itu belum tentu juga karena kemampuan yah, bisa saja karena terlalu sibuk menjalani karier, sehingga tidak sempat kuliah lagi," Refly Harun, Pakar HUkum Tata Negara. 

 


Akun official Moeslim Choice Network

Website                  : https://www.moeslimchoice.com
Youtube Channel  : https://www.youtube.com/c/MOESLIMCHOICETV
Instagram              : https://www.instagram.com/moeslimchoice/
Facebook               : https://www.facebook.com/MoeslimChoiveTV
Twitter                    : https://twitter.com/moeslimchoicetv

Top