• Selasa, 25 Januari 2022 | 22:12
MoeslimChoiceTV

KH Miftachul Akhyar resmi terpilih kembali menjadi Rais Aam Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) periode 2021-2026, setelah sembilan orang ahlul halli wal aqdi (AHWA) sepakat menetapkannya pada sidang Muktamar ke-34 di Bandar Lampung, Kamis (24/12) malam. 

Penetapan KH Miftakhul Akhyar dilakukan secara musyawarah oleh tim AHWA yang dipimpin KH Ma'ruf Amin.

Miftachul bukan orang baru di kalangan NU. Pria kelahiran Surabaya, 30 Juni 1953 itu sudah aktif di NU sejak muda.

Sejak kecil, ia menghabiskan waktunya sebagai santri. Tercatat ia pernah menjadi santri di Pondok Pesantren Tambak Beras, Pondok Pesantren Sidogiri, dan Pondok Pesantren Lasem. 

Ia juga mengikuti Majelis Ta'lim Sayyid Muhammad bin Alawi Al-Makki Al-Maliki di Malangan, tepatnya ketika Sayyid Muhammad masih mengajar di Indonesia.

Miftachul Akhyar saat ini, juga menjabat sebagai Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) periode 2020-2025. Ia terpilih sebagai Ketum dalam Munas X MUI di Jakarta, Jumat, 27 November.

Namun, salah satu syarat yang diberikan majelis Ahlul Halli wal Aqdi (AHWA) pada Muktamar ke-34 NU, meminta Miftachul Akhyar tidak merangkap jabatan usai terpilih sebagai Rais Aam PBNU 2021-2026.

Anggota Ahwa Zainal Abidin mengatakan, pihaknya ingin Rais Aam fokus mengembangkan PBNU. Permintaan itu pun didukung oleh sembilan ulama sepuh pada pertemuan tertutup AHWA.

Miftachul Akhyar pun mengaku, tak bisa membantah para kiai sepuh yang tergabung dalam Ahlul Halli Wal Aqdi (AHWA), saat memilihnya untuk menjabat kembali sebagai Rais Aam PBNU 2021-2026.

"Tentang keputusan AHWA saya tidak tahu apa yang akan saya sampaikan. Rasanya hanya seperti seorang yang salah minum obat, lola lolo. Ya, apa yang diputuskan kami tidak bisa membantah," KH Miftachul Akhyar, Rais Aam PBNU terpilih.

Miftachul pun optimistis dan yakin mampu bekerja secara kolektif dengan para kader dan pengurus PBNU lainnya ke depan.

 


Akun official Moeslim Choice Network

Website                  : https://www.moeslimchoice.com
Youtube Channel  : https://www.youtube.com/c/MOESLIMCHOICETV
Instagram              : https://www.instagram.com/moeslimchoice/
Facebook               : https://www.facebook.com/MoeslimChoiveTV
Twitter                    : https://twitter.com/moeslimchoicetv

Top