• Selasa, 25 Januari 2022 | 21:13
MoeslimChoiceTV

Untuk menilai kinerja Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah, tentu saja melihat kebijakannya. Kebijakan yang memihak koperasi dan UMKM tentunya. Bagaimana dengan Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah, Teten Masduki? 

Faktanya, dibandingkan dengan sejumlah negara tetangga, penyaluran kredit untuk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Indonesia, relatif kalah banyak. Padahal, sebagian besar usaha yang berkembang, justru di segmen ini. 

Menghadapi fakta ini, Teten memilih untuk menggelontorkan perhatian, dan pembiayaan yang lebih banyak, untuk UMKM hingga 30 persen dari total pembiayaan.

Kisaran kredit untuk UMKM di Indonesia, hanya sekitar 18-20 persen dari total pinjaman yang disalurkan lembaga keuangan. 

Menkop UKM, Teten Masduki mengakui, porsi 30 persen itu pun masih kalah dibandingkan dengan angka di negara lainnya. Ia menyebut, rasio penyaluran kredit UMKM di Singapura sudah mencapai 39 persen, Malaysia 51 persen, Thailand 50 persen, Jepang 66 persen dan Korea Selatan di angka 81 persen.

Jadi, kata Teten, pemerintah sebagaimana arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi), bakal meningkatkan porsi penyaluran kredit ke UMKM pada tahun depan. 

"Arahan presiden, meningkatkan porsi kredit 20 persen (terhadap UMKM), menjadi di atas 30 persen pada 2022," katanya, dalam webinar bertajuk 'Holding BUMN Ultra Mikro, Upaya Pacu Pemulihan Ekonomi Nasional' yang berlangsung pada Jumat, 20 Agustus 2021 lalu.

Fakta lainnya, penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) pada masa pandemi, memang menurun tajam dari sebesar Rp 18,99 Triliun per Maret 2020, menjadi hanya sebesar Rp 4,76 Triliun pada Mei 2020. 

Namun, penyaluran KUR pada 2021 kembali meningkat, dengan penyaluran Rp 25,47 Triliun per Maret 2021 dan Rp 16,83 Triliun di Mei 2021.

Atas perhatian, upaya, kinerja, dan pemihakannya kepada koperasi dan UMKM, panitia menominasikan Menkop UKM Teten Masduki sebagai penerima Governance Award untuk tahun ini.

 


Akun official Moeslim Choice Network

Website                  : https://www.moeslimchoice.com
Youtube Channel  : https://www.youtube.com/c/MOESLIMCHOICETV
Instagram              : https://www.instagram.com/moeslimchoice/
Facebook               : https://www.facebook.com/MoeslimChoiveTV
Twitter                    : https://twitter.com/moeslimchoicetv

Top