• Kamis, 18 Agustus 2022 | 08:42
MoeslimChoiceTV

Gubernur Gorontalo, Rusli Habibie menjadi perhatian publik Tanah Air, tatkala membela anak buahnya yang kena marah Menteri Sosial, Tri Rismaharini yang berkunjung ke provinsinya. Namun, bagaimana kinerjanya sebagai Gubernur yang memimpin untuk periode kedua 2017-2022?

Gubernur memang wakil pemerintah pusat di daerah. Namun, ia juga kepala daerah yang mengemban amanah untuk memimpin dan melayani rakyatnya. Untuk yang kedua ini, rakyatnya sendiri dapat menilai kinerja seorang Gubernur.

Warga Gorontalo pun mendapat kesempatan untuk menilai kinerja sang Gubernurnya, yaitu dengan mensurvei warganya pada September 2021 lalu.

Hasilnya, sebanyak 89,4 persen warga di Provinsi Gorontalo mengaku puas dengan kinerja Gubernur Rusli Habibie. Data itu diperoleh, dari hasil survei Celebes Research Centre (CRC), yang bekerja sama dengan Badan Perencanaan, Penelitian dan Pembangunan Daerah (BAPPPEDA), yang dirilis Jumat, 1 Oktober 2021.

Persentase warga, yang menjawab cukup puas dengan kinerja Gubernur Rusli, paling tinggi di Kabupaten Pohuwato yakni 84,0 persen. Kota Gorontalo dan Bone Bolango masing-masing 82,3 persen dan 75,5 persen.

Meski begitu, Rusli menyadari, bahwa masih banyak pekerjaan rumah yang harus diselesaikan di sisa masa jabatannya. Terlebih di masa pandemi covid-19 seperti saat ini, sehingga banyak harapan masyarakat yang tidak terakomodir.

"Dalam pandemi ini, pelayanan kepada masyarakat dan anggaran sangat berkurang. Anggaran kita dari biasa Rp 2,2 Triliun, sekarang tinggal Rp 1,7 Triliun. Jadi memang sangat mempengaruhi," katanya.

Meski begitu, warga Gorontalo menunjukkan tingkat kepuasan yang meningkat dan mencapai titik tertinggi, justru di masa wabah Covid-19.

Atas pencapaiannya inilah, panitia Moeslimchoice Award menominasikan Rusli Habibie untuk menerima penghargaan "Governance Award" tahun ini.

 


Akun official Moeslim Choice Network

Website                  : https://www.moeslimchoice.com
Youtube Channel  : https://www.youtube.com/c/MOESLIMCHOICETV
Instagram              : https://www.instagram.com/moeslimchoice/
Facebook               : https://www.facebook.com/MoeslimChoiveTV
Twitter                    : https://twitter.com/moeslimchoicetv

Top