• Selasa, 25 Januari 2022 | 21:04
MoeslimChoiceTV

Arab Saudi kini benar-benar telah melakukan sejumlah reformasi kebijakan. Setelah memperbolehkan memakai bikini di pantai bulan lalu, kali ini Negeri Raja Salman itu menggelar pesta musik besar-besaran, MLDBeast Soundstorm 2021.

Pesta musik ini telah berlangsung spektakuler selama empat hari di Riyadh, Arab Saudi. Festival ini hanya berhenti 15 menit saat waktu adzan dan shalat lima waktu.

Acara yang digelar di Riyadh pada Kamis (16/12/2021) hingga Minggu (19/12/2021) pekan lalu itu sukses menyedot sedikitnya 500 ribu pengunjung.

Para penonton pria dan wanita bercampur, menyanyi dan bergoyang mengikuti para penghibur di atas panggung. Mereka juga datang dengan busana skinny jeans robek dan sepatu bot, busana yang tak biasa di Kerajaan Islam seperti Arab Saudi.

Pemandangan seperti ini, tak pernah terpikirkan akan terjadi di Arab Saudi lima tahun lalu. Festival musik elektronik selama akhir pekan lalu, menyoroti reformasi di kerajaan konservatif di bawah pimpinan Putra Mahkota, Mohammed bin Salman.

Dalam beberapa tahun belakangan ini, Pangeran Mohammed bin Salman telah mencabut beberapa aturan, salah satunya larangan wanita mengemudi. Dan kini, telah melonggarkan segregasi gender dan melucuti kekuasaan polisi agama, yang biasa berkeliaran di jalan-jalan menghukum restoran yang memutar musik.

Sebaliknya, festival musik 'MDLBeast Soundstorm' justru didukung pemerintah dan termasuk pertunjukan besar dengan menampilkan sederet DJ terkemuka dunia, mulai Afrojack, Benny Bennassi, Nancy Ajram hingga Tiesto. Tak hanya itu, DJ lokal pun tak kalah menariknya, seperti Dish Dash, Cosmicat dan Saud, yang juga ikut memeriahkan acara musik itu.

Adegan di festival musik adalah yang paling ekstrem. Wanita memamerkan gaya mereka, mengenakan celana ketat hingga jubah panjang dan cadar. 

Alkohol dan homoseksualitas masih ilegal di Arab Saudi, namun acara tersebut menciptakan suasana seperti karnaval, membuka ruang untuk menguji batas. Setiap suara kritis sebagian besar diam.

Di bawah kepemimpinan Pangeran Mohammed, pembukaan sosial Arab Saudi telah dilakukan dengan tindakan keras terhadap perbedaan pendapat domestik.

 


Akun official Moeslim Choice Network

Website                  : https://www.moeslimchoice.com
Youtube Channel  : https://www.youtube.com/c/MOESLIMCHOICETV
Instagram              : https://www.instagram.com/moeslimchoice/
Facebook               : https://www.facebook.com/MoeslimChoiveTV
Twitter                    : https://twitter.com/moeslimchoicetv

Top