• Selasa, 25 Januari 2022 | 21:55
MoeslimChoiceTV

Banyak yang menanyakan, apa kinerja Ganjar Pranowo, Gubernur Jawa Tengah, yang namanya senantiasa duduk di peringkat teratas dalam survei calon Presiden mendatang. Mungkin banyak yang akan berbeda pendapat.

Perbedaan pendapat tentang Ganjar memang wajar. Bahkan di lingkungan partai yang membesarkannya pun terjadi.

Namun satu hal, sepanjang masa kepemimpinannya, Ganjar menunjukkan sikap terbuka. Terbuka terhadap kritik, juga terbuka atas prestasi yang ia torehkan, selama mengemban amanah memimpin Pemerintah Provinsi Jawa Tengah.

Terbukti, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah (Pemprov Jateng) mendapatkan nilai tertinggi, dan mendapat anugerah Keterbukaan Informasi Publik tahun 2021.  Jawa Tengah mendapat nilai 98,17. Penghargaan ini merupakan yang keempat kalinya berturut-turut sejak 2018.  

Penghargaan diserahkan oleh Wakil Presiden Ma'ruf Amin secara virtual pada 26 Oktober 2021. Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo yang sedang berada di Sukoharjo, mengikuti secara daring.  

Dalam kesempatan itu, Ganjar menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh jajaran Pemprov Jateng. 

Kali keempat Jateng menjadi yang terbaik dalam penganugerahan ini, menjadi bukti komitmen keterbukaan yang diberikan untuk masyarakat. 

"Banyak informasi yang publik itu harus tahu, ini right to know. Jadi hak untuk bisa tahu dari rakyat itu, mesti bisa dipenuhi dan itu dijaga oleh kawan-kawan," kata Ganjar.

Dia menilai, keterbukaan informasi publik ini, tak sekadar hak, namun juga bisa dijadikan pedoman. Misalnya, jika masyarakat mendapatkan informasi keliru, bisa dilakukan klarifikasi langsung.

Seiring dengan itu, gaya kepemimpinan Ganjar juga dikenal sangat komunikatif. Ia kerap berkeliling, mengunjungi kabupaten dan kota di Jawa Tengah, meskipun wabah Covid-19 sedang melonjak. 

Langkah ini dapat dibilang efektif, karena komunikasi langsung yang intens dengan rakyat, dapat meningkatkan kewaspadaan mereka terhadap bahaya virus corona.

Tanpa pemerintahan yang informatif dan pemimpin yang komunikatif, boleh jadi risiko Covid-19 di Jawa Tengah jauh lebih parah. Atas keterbukaan informasi dan sikap komunikatif Ganjar Pranowo, panitia menominasikannya sebagai penerima penghargaan Good Governance Award tahun ini.

Top