• Kamis, 18 Agustus 2022 | 09:13
MoeslimChoiceTV

Dari sisi kepeloporan, inovasi, dan konektivitas dengan komunitas global, Letnan Jenderal (Pur) Prabowo Subianto, sudah merintisnya sejak usia muda, saat menjadi perwira TNI. Demikian pula saat berpolitik praktis melalui partai yang ia dirikan.

Prabowo tentu dikenal luas sebagai pengambil risiko (risk taker) yang berperhitungan matang. Tak terkecuali, dalam menempuh risiko dinamika perubahan dan kesinambungan kehidupan berbangsa dan bernegara. 

Siap menanggung risiko dengan menerapkan gagasannya, termasuk pasang-surut perannya terutama di bidang politik. Terbukti, Prabowo merupakan salah satu figur utama, yang signifikan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara sejauh ini.

Dengan berbagai kontroversi yang menyertainya, Prabowo justru menunjukkan persistensi sikapnya, untuk tetap di pijakan demokrasi dalam perjalanan berbangsa dan bernegara.

Termasuk misalnya, dengan kesediaannya untuk bergabung ke dalam pemerintahan yang terbentuk, setelah kalah dalam pemilihan Presiden 2019. Hingga perannya sebagai Menteri Pertahanan RI saat ini, di tengah dinamika regional dan global dalam konteks persaingan kekuatan antara Amerika Serikat dan Tiongkok, perkembangan Laut China Selatan, juga dinamika ekonomi-politik domestik, yang mencakup, bukan hanya bidang pertahanan dan keamanan, melainkan juga bidang pangan dan perlindungan lingkungan hidup.

Khusus portofolio bidang pertahanan, visinya jauh ke depan, meskipun banyak yang harus terhenyak. Misalnya, mengenai rencana induk pengadaan Alat Utama Sistem Persenjataan (alutsista) dalam jangka 25 tahun, yang akan didanai oleh utang luar negeri jangka panjang dengan biaya 125 Miliar rupiah. 

Bagi yang banyak mengamati sisi pertahanan Indonesia, soal rincian rencana induk pengadaan alutsista itu, sebenarnya bukan hal mengejutkan karena rekam jejak sebelumnya. 

Prabowo juga tetap berada di jalur demokratis, di tengah kecenderungan menurunnya indeks demokrasi di Indonesia. Dengan peran politiknya yang pasang-surut, ia masih akan mewarnai kehidupan berbangsa dan bernegara di masa lalu, pada saat ini, juga masa depan, secara signifikan. 

Oleh sebab itu, MoeslimChoice Award menominasikannya sebagai penerima penghargaan pengabdian sepanjang hayat 'Lifetime Achievment Award' untuk tahun 2021. 

 


Akun official Moeslim Choice Network

Website                  : https://www.moeslimchoice.com
Youtube Channel  : https://www.youtube.com/c/MOESLIMCHOICETV
Instagram              : https://www.instagram.com/moeslimchoice/
Facebook               : https://www.facebook.com/MoeslimChoiveTV
Twitter                    : https://twitter.com/moeslimchoicetv

Top