• Kamis, 18 Agustus 2022 | 09:15
MoeslimChoiceTV

Menteri Sosial, Tri Rismaharini dikritik seorang pria Tunarungu, karena dinilai memaksa seorang anak penyandang tunarungu, untuk berbicara di hadapan publik.

Dalam video yang tayang di kanal Youtube Kemensos RI, tampak Risma meminta seorang anak penyandang tunarungu, untuk berbicara di acara Peringatan Hari Disabilitas Internasional.

Hal itu lantas mendapat kritik dari pria yang juga menyandang tunarungu, Stefanus. Mewakili dari Gerakan untuk Kesejahteraan tunarungu Indonesia (Gerkatin), Stefanus  tampak berbicara menggunakan bahasa isyarat, yang kemudian diterjemahkan oleh juru bicara bahasa isyarat.

"Ibu. mohon maaf, saya mau berbicara dengan ibu sebelumnya. Bahwasanya anak tuli itu memang menggunakan alat bantu dengar, tapi tidak untuk kemudian dipaksa bicara. Tadi saya sangat kaget, ketika ibu memberikan pernyataan. Mohon maaf, Bu, apa saya salah?" kata Stefanus, Penyandang Tunarungu.

Risma pun langsung menjawab, tidak. 

Meski begitu, Gerkatin, mengaku tersinggung atas tindakan Menteri Sosial tersebut. Organisasi ini menilai, Risma telah melanggar Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas yang mengatur penghormatan, perlindungan, dan pemenuhan terhadap hak penyandang disabilitas.

"Kami merasa tersinggung, bahkan merasa heran karena omongan Ibu Risma itu mencerminkan pelanggaran UU Nomor 8 Tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas," kata Gerkatin, Kamis (2/12)

Menurutnya, Mensos Risma mestinya bisa menghormati penyandang disabilitas sesuai dengan tugas pokok dan fungsi (tupoksi). Pasalnya, penyandang disabilitas rungu memiliki hak untuk berekspresi dengan bahasa isyarat.

Merespons kasus yang viral ini, Risma mengaku sedih dan tidak berniat untuk memaksa disabilitas rungu untuk bicara.

"Saya enggak maksa [dia bicara], untuk apa saya maksa? Itu pilihan. Tapi saya ingin dia di kondisi tertentu bisa menyelamatkan dirinya. Tidak ada niat apapun dari saya, sedih saya terus terang," Tri Rismaharini, Menteri Sosial RI. 

 


Akun official Moeslim Choice Network

Website                  : https://www.moeslimchoice.com
Youtube Channel  : https://www.youtube.com/c/MOESLIMCHOICETV
Instagram              : https://www.instagram.com/moeslimchoice/
Facebook               : https://www.facebook.com/MoeslimChoiveTV
Twitter                    : https://twitter.com/moeslimchoicetv

Top