• Selasa, 25 Januari 2022 | 22:10
MoeslimChoiceTV

Sulit menyangkal bahwa Ibu Mega, lengkapnya Prof Dr (HC) Hj Diah Permata Megawati Setiawati Soekarnoputri, merupakan salah satu perempuan Indonesia terkemuka, yang layak menerima anugerah pengabdian sepanjang hayat, lifetime achievement. 

Bukan karena ia putri Bung Karno, salah satu proklamator kemerdekaan dan Presiden pertama RI, melainkan karena rekam jejaknya yang luar biasa sepanjang hayatnya.

Dalam salah satu kajian terbaru, Women, Media, and Power in Indonesia, misalnya, Jane Ahlstrand, mencoba melihat ketokohan Mega dalam konteks sosial-politik Indonesia yang masih berada di era transisi demokrasi, warisan otoritarianisme, gejala populisme,  dan struktur kekuasaan berdasarkan gender. Juga dengan melihat dan membandingkannya dengan figur perempuan politisi lain, seperti Tri Rismaharani dan Susi Pudjiastuti.

Konteks yang sangat relevan dengan Mega itu, sebenarnya dapat diperluas dalam spektrum keindonesiaan dan keislaman. Baik dari dari sudut pandang beriringan maupun berselisih jalan.

Dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, terutama konvergensi media sosial dan media online yang bercakupan luas, Ahlstand menganalisis pemberitaan di media online, untuk mengkaji sepak-terjang tiga perempuan politisi terkemuka itu. Kesimpulannya, Mega meniti jalan transgresif, campur-aduk, karena kondisi sosial politik dan momen-momen yang menuntut kelenturan dalam sikap, pandangan, komunikasi politik, maupun tindakan.

Apapun, akan ada peran Megawati di sana, yang berkali-kali menghadapi persoalan serupa. Berpengalaman dalam dinamika politik jangka panjang, dan profil kuatnya yang terbukti dengan perjalanan hampir seperempat abad pasca reformasi, tak pelak lagi Ibu Mega, layak menerima penghargaan "Lifetime Achievement Award" atas pengabdian sepanjang hayat.

 

Akun official Moeslim Choice Network

Website                  : https://www.moeslimchoice.com
Youtube Channel  : https://www.youtube.com/c/MOESLIMCHOICETV
Instagram              : https://www.instagram.com/moeslimchoice/
Facebook               : https://www.facebook.com/MoeslimChoiveTV
Twitter                    : https://twitter.com/moeslimchoicetv

Top