• Selasa, 25 Januari 2022 | 21:24
MoeslimChoiceTV

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, mengundang sejumlah buruh dari Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) ke kantornya, Senin (15/11).

Ganjar ingin mendengarkan usulan buruh, terkait upah minimum kabupaten kota. Pertemuan tersebut, merupakan tindak lanjut atas aksi demo yang dilakukan KSPI pada 10 November lalu, yang gagal bertemu Ganjar, lantaran sedang berada di luar kota. 

Dalam Pertemuan yang berlangsung di ruang rapat Gedung A lantai 2 kompleks Pemprov Jateng itu, pihak KSPI diwakili oleh Sekjen KSPI, Aulia Hakim dan beberapa ketua organisasi buruh di Jateng.

Mereka berdialog hangat dengan Ganjar. Berbagai persoalan pun dibahas, khususnya terkait pengupahan dan usulan-usulan, serta formula upah untuk tahun 2022 mendatang.  

Sekjen KSPI, Aulia Hakim mengatakan, pihaknya mengapresiasi Ganjar yang mau menerima audiensi dengan perwakilan buruh. 

"Upah  masih sangat kecil jika dibanding dengan provinsi lain, sehingga kedatangan kami ini, untuk menyampaikan formula upah dengan kebutuhan buruh yang semakin banyak secara langsung pada Pak Ganjar," Aulia Hakim, Sekjen KSPI. 

Aulia menambahkan, di masa pandemi saat ini, kebutuhan buruh bertambah karena harus bekerja dengan konsep kebiasaan baru (new normal). Sementara anggaran bertambah untuk membeli masker dan lain sebagainya. 

"Harapan kami, pak Ganjar bisa menggunakan kewenangan penuh karena ini otonomi daerah, dengan memperlihatkan kebutuhan pokok pada masa pandemi, ini saja sebenarnya. Di situ ketika kita, tambahan antara hand sanitizer, masker segala macam kita jumlahkan itu, muncul angka di atas 10 persen atau bisa kita sebut itu sekitar 300 sampai 400 ribu,"  Aulia Hakim, Sekjen KSPI.

Aulia meyakini Ganjar akan realistis dan mau menaikkan upah buruh untuk tahun depan. Apalagi tahun lalu, Ganjar menjadi satu-satunya Gubernur yang menetapkan upah lebih tinggi dari Nasional. 

Ganjar pun menyambut baik dan mengapresiasi buruh yang mau datang untuk menyampaikan masukan secara langsung. Dari pada demo, hujan-hujanan dan membuat pagar rusak, akan lebih maksimal jika usulan disampaikan dengan metode dialog seperti itu. 

"Teman-teman dari KSPI, bagus caranya, saya sennag. Tadi usulannya juga bagus, jadi formula-formulanya dibikin, nanti kita overlay dengan formula kita," Ganjar Pranowo, Gubernur Jawa Tengah. 

Ganjar juga minta semua pihak mempertimbangkan kondisi perusahaan masing-masing. Karena tidak hanya buruh, pemprov Jateng juga mendapat banyak keluhan dari para pengusaha yang terdampak pandemi. 

"Nah, saya minta untuk semua, mempertimbangkan kondisi perusahaan masing-masing. Syukur-syukur buruh juga bisa memberikan kepada kita gambaran di industrinya, di pabriknya, di usahanya. Sehingga kita semua nanti tahu, sebenarnya kondisi usaha masing-masing itu seperti apa to? Apakah untung banget, apakah biasa saja, atau malah nyungsep? Formula-formula dan indikator-indikator itu menjadi penting. Nah, pola dialog yang mengasyikkan bisa ketawa-ketawa dari kawan-kawan buruh. Menurut saya, itu cara yang cukup bagus," Ganjar Pranowo, Gubernur Jawa Tengah.

 


Akun official Moeslim Choice Network

Website                  : https://www.moeslimchoice.com
Youtube Channel  : https://www.youtube.com/c/MOESLIMCHOICETV
Instagram              : https://www.instagram.com/moeslimchoice/
Facebook               : https://www.facebook.com/MoeslimChoiveTV
Twitter                    : https://twitter.com/moeslimchoicetv

Top