• Jumat, 20 September 2024 | 00:12
InfoMuslim.id

Habib Muhammad Luthfi bin Ali bin Yahya, yang akrab dipanggil Abah Luthfi adalah seorang Sayyid, Kiai, Ulama, Mursyid dan juga Dai. 

Selain sebagai pendakwah, Habib Luthfi juga tercatat sebagai Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Tengah, dan juga sebagai anggota Dewan Pertimbangan Presiden Republik Indonesia, sejak 13 Desember 2019.

Gus Miftah, menganggap Abah Luthfi tak hanya sebagai seorang guru, namun juga orangtua, dan sosok yang paling dia kagumi dan hormati. 

Dihari tasyakuran Yaumil Milad (hari ulang tahun) Abah Luthfi yang ke 74, yang digelar sekaligus merayakan Hari Pahlawan pada 10 November 2021, Gus Miftah hadir bersilaturahmi, sekaligus melepas rindu pada panutannya tersebut, karena sudah lama tak bertemu.

Di kesempatan tersebut, Gus Miftah seakan bernostalgia mengenang masa lalunya, saat dalam kondisi kekurangan.

"Sekian tahun yang lalu, saat saya tidak punya apa-apa, bahkan cenderung kekurangan, pertama kali pertemuan itu terjadi, beliau mu'allimina Wa murobbi ruhina Maulana Habib Muhammad Luthfi bin Ali bin Hasyim bin Yahya, memanggil saya dengan sebutan, Juragan," tulis Gus Miftah di akun Instagramnya, Kamis (11/11/2021).

Menurut Gus Miftah, sebutan 'Juragan' selalu digunakan Habib Luthfi saat bertemu dirinya kapanpun dan dimanapun. 

"Kalimat itu 'Juragan' terus beliau gunakan setiap kali bertemu dimanapun dan kapanpun… eee juragane teko (juragan datang) bahkan sampai hari ini," kata Gus Miftah di unggahannya tersebut.

Gus Miftah pun merasa bahwa "mungkin itu adalah sebuah doa, harapan dan asa yang lambat laun hidup saya menjadi lebih baik. Matur Nuwun ya habibana, abah, guru, dan orang tua yang sangat saya ta'dhimi dan saya kagumi," tulis Gus Miftah di akun pribadinya itu.

Saat bertemu Habib Luthfi, Gus Miftah berkesempatan mencium tangan Habib Luthfi. Dan Habib Luthfi pun mengusap kepala Gus Miftah, dan menyemprotkan minyak wangi ke tangan Gus Miftah. Bahkan Gus Miftah sempat disuapi kue oleh Habib Luthfi.  

"Semalam saya menghadiri tasyakuran yaumil milad beliau yang ke 74, seperti tahun2 sebelumnya saya hanya bisa berdoa Allah panjangkan umur abah, jaga kesehatan abah, Allah berikan kebahagiaan lahir bathin untuk abah, Allah beri kekuatan untuk Abah guna membimbing saya dan seluruh umat manusia. Mohon doa terbaik untuk guru bangsa kita di hari ulang tahunnya... Maulana Habib Muhammad Luthfi bin Ali bin Hasyim bin Yahya….. alfatihah," tulis Gus Miftah di akun Instagramnya.

 


Akun official Moeslim Choice Network

Website                  : https://www.moeslimchoice.com
Youtube Channel  : https://www.youtube.com/c/MOESLIMCHOICETV
Instagram              : https://www.instagram.com/moeslimchoice/
Facebook               : https://www.facebook.com/MoeslimChoiveTV
Twitter                    : https://twitter.com/moeslimchoicetv

Top