• Senin, 06 Desember 2021 | 05:45
MoeslimChoiceTV

Baru saja, publik dikagetkan dengan kabar meninggalnya Vanessa Angel dan suaminya Bibi Ardiansyah, akibat kecelakaan maut di Jalan Tol Nganjuk, Jawa Timur pada Kamis (4/11/2021) pukul 12.36 WIB.

Atas insiden tersebut, muncul pernyataan bahwa korban meninggal akibat kecelakaan bisa disebut sebagai mati syahid. Benarkah?

Ustadz Khalid Basalamah menjawab, serta menjelaskan tentang pernyataan tersebut.

Menurutnya, kecelakaan merupakan sebuah musibah, yang sama sekali tidak akan pernah diketahui, kapan akan terjadi oleh manusia. Karena itu adalah rahasia Allah SWT.

Menurut Ustadz Khalid Basalamah, korban tewas akibat kecelakaan termasuk ke dalam golongan mati syahid. Hal tersebut disampaikan Ustadz Khalid Basalamah di Kanal YouTube Go Hijrah pada 3 Juli 2019.

 


"Selama ini kita melihat kecelakaan pada saat mudik merupakan musibah. Berdasarkan yang ustadz sampaikan, berarti mereka mati syahid karena kecelakaan karena berkendaraan, benarkah demikian? Benar (mati syahid), itu dalil yang ada," Ustadz Khalid Basalamah.


Disinggung mengenai tempat yang angker dan arwah korban kecelakaan yang gentayangan, Ustadz asal Makassar Selatan itu mengatakan, tidak ada istilah arwah dari seseorang yang meninggal karena kecelakaan akan menghantui dan bergentayangan.

Menurutnya, orang yang sudah meninggal arwahnya akan senang di Surga, jika memiliki banyak amal shaleh dan akan disiksa apabila memang sering melakukan maksiat di dunia.

 

"Tidak ada ruh gentayangan dalam Islam , gak ada tempat angker, gak ada. Orang yang mati kalau dia beriman, senang di kuburannya, kalau dia orang ahli maksiat akan disiksa," Ustadz Khalid basalamah. 


Ustadz Khalid pun menambahkan, Nabi (Muhammad) SAW menyebutkan dalam hadist Bukhari, kalau orang beriman, maka ruhnya akan keluar lebih mudah dari air keluar dari kendi, kemudian akan masuk ke dalam kuburan dan akan menikmati taman surga. Tidak ada waktu bagi ruh untuk mengganggu manusia. 

 


Akun official Moeslim Choice Network

Website                  : https://www.moeslimchoice.com
Youtube Channel  : https://www.youtube.com/c/MOESLIMCHOICETV
Instagram              : https://www.instagram.com/moeslimchoice/
Facebook               : https://www.facebook.com/MoeslimChoiveTV
Twitter                    : https://twitter.com/moeslimchoicetv

Top