• Jumat, 20 September 2024 | 19:38
InfoMuslim.id

Pemerintah Arab Saudi, secara resmi telah membuka izin umrah bagi jamaah Indonesia, yang ingin melaksanakan ibadah Umrah.

Hal itu diungkapkan Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi, usai menandatangani nota diplomatik antara Indonesia dan Arab Saudi, Sabtu (9/10/2021).

Menurut Retno, saat ini, pemerintah RI dan Arab Saudi sedang dalam tahap terakhir pembahasan teknis, terkait vaksin dan karantina. Salah satu kebijakan Saudi yang tengah diupayakan dan dilobi pemerintah Indonesia adalah mengenai booster vaksin.

"Di dalam nota diplomatik tersebut, juga disebutkan, kedua pihak dalam tahap akhir pembahasan, mengenai pertukaran link teknis dengan Indonesia, yang menjelaskan informasi para pengunjung, berkaitan dengan vaksin, dan akan memfasilitasi proses masuknya jamaah," Retno Marsudi, Menteri Luar Negeri Indonesia. 

Selain itu, pemerintah Arab Saudi juga tengah mempertimbangkan, untuk menetapkan masa periode karantina selama 5 hari bagi jamaah Umrah, yang tidak memenuhi standar kesehatan yang dipersyaratkan.

"Tentunya kabar baik ini, akan kita tindak lanjuti dengan pembahasan secara lebih detail, mengenai teknis pelaksanaannya," Retno Marsudi, Menteri Luar Negeri Indonesia. 

Menurut Retno, pihaknya, saat ini akan terus melakukan koordinasi dengan Kementerian Agama dan Kementerian Kesehatan, serta otoritas terkait di Kerajaan Arab Saudi, mengenai detail pelaksanaan ibadah Umrah dengan kebijakan terbaru ini.

 


Akun official Moeslim Choice Network

Website                  : https://www.moeslimchoice.com
Youtube Channel  : https://www.youtube.com/c/MOESLIMCHOICETV
Instagram              : https://www.instagram.com/moeslimchoice/
Facebook               : https://www.facebook.com/MoeslimChoiveTV
Twitter                    : https://twitter.com/moeslimchoicetv

Top