• Ahad, 26 September 2021 | 17:35
MoeslimChoiceTV

Ulama dan Umaro adalah pondasi pembangunan yang tidak bisa dipisahkan untuk saling bekerjasama dalam membina dan membimbing umat, yang dipimpin ulama dan rakyat yang dipimpin umaro.

Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel), H. Herman Deru menjelaskan, kedua elemen antara Ulama dan Umaro harus betul-betul bisa hadir di tengah rakyat dan umat. Tidak ada cerita pembangunan suatu daerah akan berjalan baik, jika tanpa ukhuwah. 

Hal tersebut diungkapannya saat "Pengukuhan Forum Ukhuwah Ulama Umaro Sumatera Selatan (FU3SS)" di Griya Agung, Rabu (15/9).

Lebih lanjut, H. Herman Deru mengatakan bahwa forum tersebut tidak melarang orang NU, orang Muhammadiyah, orang LDII, untuk ikut serta memuliakan organisasi yang mulia tersebut.

"Kita tidak berafiliasi terhadap aliran apapun, kita tidak berafiliasi terhadap partai apapun, tapi berafiliasi kepada semua," H. Herman Deru, Gubernur Sumatera Selatan. 

Menurutnya, dalam Islam apapun alirannya harus bersatu dan bersinergi antara Ulama dan Umaro sebagai pondasi membangun sebuah daerah. 

"Dalam Islam itu sendiri, bahwa kita harus mempersatukan langkah. Apapun alirannya di dalam keormasan di agama kita, agama Islam, untuk sebagai pondasi kita dalam membangun daerah. Maka harus ada sinergitas antara ulama-ulama dan pemerintah dari tingkat desa sampai dengan tingkat provinsi," H. Herman Deru, Gubernur Sumatera Selatan.

Tugas pokok yang pertama, menurut Gubernur Sumsel adalah memadamkan percikan-percikan api kecil. Sedangkan tugas keduanya adalah mempererat silaturahmi dengan semua ormas Islam dengan pemerintah. 

"Tugas pertama adalah memadamkan peletikan-peletikan api kecil. Kedua, untuk mempererat silaturahmi dengan keormasan di dalam Islam dengan pemerintah. Jadi punya hak yang sama saling mengingatkan. Ulama mengingatkan Umaro, begitu juga dalam organisasi," H. Herman deru, Gubernur Sumatera Selatan. 

Sementara itu, Ketua umum FU3SS, Ustadz Drs KH Solihin Hasibuan M. Pd.I mengatakan, bahwa Ulama dan Umaro Sumatera Selatan merupakan model yang bisa bersama-sama membangun Sumatera Selatan. 

"Ulama Umaro Sumatera Selatan ini, menjadi sebuah model yang bisa bersama-sama untuk membangun Sumatera Selatan dengan pembangunan yang seimbang dhohir bathin," Drs. KH Solihin hasibuan, Ketua Umum Forum Ukhuwah Ulama Umaro Sumatera Selatan.

 


Akun official Moeslim Choice Network

Website                  : https://www.moeslimchoice.com
Youtube Channel  : https://www.youtube.com/c/MOESLIMCHOICETV
Instagram              : https://www.instagram.com/moeslimchoice/
Facebook               : https://www.facebook.com/MoeslimChoiveTV
Twitter                    : https://twitter.com/moeslimchoicetv

Top