• Ahad, 26 September 2021 | 16:50
MoeslimChoiceTV

Berkaitan dengan pencatutan nama Palang Merah Indonesia (PMI), dalam unggahan ucapan duka cita dengan menggunakan flayer bergambar mirip Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Megawati Soekarnoputri pada 9 September lalu, akun Instagram @_genocide.anon3 dilaporkan ke Polda Metro Jaya, karena dianggap telah membuat konten hoax alias berita bohong. 

Laporan tersebut dilayangkan PMI pada Selasa (14/9) dengan menyertakan sejumlah bukti, antara lain, screenshoot gambar, kronologis kejadian, dan bukti lainnya.

"Kami melaporkan berita bohong, fitnah, dan atau hoax yang dilakukan pihak yang tidak bertanggung jawab, terkait dengan beredarnya flyer ucapan duka cita yang merupakan desain resmi PMI DKI Jakarta terdapat gambar mirip tokoh Nasional," Arief Rahman, Sekretaris Pengurus PMI DKI Jakarta.

Arief menyatakan, beredarnya flyer tersebut telah merugikan pihak PMI DKI Jakarta sebagai organisasi yang bergerak di bidang kemanusiaan dan menjunjung tinggi kenetralan, serta selalu ikut terlibat dalam kegiatan-kegiatan kemanusiaan di Indonesia.

Menurut Arief, laporan ini dibuat karena flayer tersebut telah beredar secara viral sehingga berpotensi merusak citra PMI secara Nasional. Sehingga perlu diambil langkah hukum.

Dalam laporan tersebut, pemilik akun media sosial itu dilaporkan atas Pasal 27 ayat 3 dan atau Pasal 28 ayat 2 Undang-Undang Nomor 19 tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).

 


Akun official Moeslim Choice Network

Website                  : https://www.moeslimchoice.com
Youtube Channel  : https://www.youtube.com/c/MOESLIMCHOICETV
Instagram              : https://www.instagram.com/moeslimchoice/
Facebook               : https://www.facebook.com/MoeslimChoiveTV
Twitter                    : https://twitter.com/moeslimchoicetv

Top