• Ahad, 26 September 2021 | 16:58
MoeslimChoiceTV

Sebuah video menampilkan ruang utama Masjid Istiqlal heboh di media sosial. Yang menjadi perhatian, lampu di ruang ibadah utama itu berwarna-warni silih berganti. Sebagian menilai, malah seperti lampu di diskotik.

Terkait hal tersebut, Wakil Ketua bidang Penyelenggara Peribadatan Masjid Istiqlal, Abu Hurairah, mengatakan, lampu itu merupakan bagian dari teknologi baru yang dipasang saat revitalisasi besar-besaran Masjid. 

Yang pasti menurut Abu Hurairah, listriknya jadi ramah lingkungan, watt-nya kecil, nyalain dan matiin pakai aplikasi, yang pasti lebih indah. 

Bahkan Abu Hurairah, menyarankan jika ingin tahu lebih jelas, untuk minta penjelasan kepada PT Waskita Karya, yang melaksanakan proyek revitalisasi Masjid Istiqlal.

Dalam video yang beredar, terlihat beberapa warga tengah berfoto di ruang ibadah utama Masjid. Saat itu, tampak lampu di atap ruang utama berubah warna-warni merah, biru, hijau secara bergantian.

Dari caption video yang beredar, sebagian menyayangkan lampu di Masjid Istiqlal itu justru lebih mirip lampu diskotik dibandingkan Masjid, sehingga dianggap akan mengganggu dalam beribadah.

Dikutip dari akun instagram Kementerian PUPR, bahwa Lampu yang tersemat di sejumlah bagian di Masjid Istiqlal memang menggunakan teknologi pintar tata cahaya terbaru yang  diberi nama smart lighting. 

Ribuan lampu di Masjid Istiqlal diberikan IP Address yang masing-masingnya mengendalikan 20 lampu. Settingan lampu lalu diatur melalui aplikasi Pharos dari smartphone yang khusus dipegang pengelola Masjid Istiqlal. Berkat teknologi ini, Masjid Istiqlal kini terlihat semakin indah dan nyaman untuk beribadah.

Lampu ini menggunakan red, green, blue, amber, white (RGBAW). Dengan teknologi ini, ruang utama Masjid jadi lebih terang tapi tidak panas terik, seperti cahaya yang sedang tertutup awan. 

Sementara dikutip dari akun Twitter @_nightglauben, menulis: 

"Ohya, baru inget info setelah liat-liat ppt konsep Istiqlal.
Kenapa mau sok-sokan ngikutin cahaya matahari? Karena perencana mau mereplikasi ambience dan "feel" shalat di luar ruangan, langsung kena sinar matahari. Kasarnya, biar dapet feel kaya shalat di Masjidil Haram." 

 


Akun official Moeslim Choice Network

Website                  : https://www.moeslimchoice.com
Youtube Channel  : https://www.youtube.com/c/MOESLIMCHOICETV
Instagram              : https://www.instagram.com/moeslimchoice/
Facebook               : https://www.facebook.com/MoeslimChoiveTV
Twitter                    : https://twitter.com/moeslimchoicetv

Top