• Ahad, 26 September 2021 | 17:04
MoeslimChoiceTV

Dunia pertelevisian Indonesia, saat ini lebih didominasi oleh tayangan sinetron, dan tayangan untuk anak-anak, seperti film-film Kartun jarang atau hampir tak banyak terlihat, terutama Kartun produksi dalam negeri Indonesia.

Menurut Ketua Komisi Penyiaran Indonesia (KPI), Agung Suprio, melalui Podcast Deddy Corbuzier yang disiarkan di Youtube pada Kamis, 9 September 2021, bahwa alasan stasiun televisi jarang menayangkan film kartun buatan Indonesia, karena besarnya biaya produksi yang harus dikeluarkan untuk membuat konten film kartun.

"Kalau kita produksi kartun Indonesia, itu mahal banget. Padahal orang yang buat kartun di Indonesia gak kalah jago, dan banyak banget, gak sedikit," Agung Suprio, Ketua KPI.

Menurut Agung, bagi pihak TV, untuk film Kartun lebih murah beli dari luar dan itu sudah gelondongan, termasuk ada teks dan juga sudah disulihsuarakan.     

Agung pun menyoroti, bahwa salah satu pembuat film animasi Upin & Ipin, kabarnya adalah seorang warga negara Indonesia (WNI).

Terkait animasi yang populer asal Malaysia tersebut, Agung mengungkapkan bahwa pembuatan animasi Upin dan Ipin disubsidi oleh Pemerintah Malaysia.

"Lu tahu gak Ipin Upin? Itu disubsidi oleh Pemerintah Malaysia." Agung Suprio, Ketua KPI.

Oleh karena itu, Agung pun menyebut bahwa animasi Upin dan Ipin pada akhirnya adalah suatu propaganda Pemerintah Malaysia.

Agung mengatakan, mahalnya biaya produksi tersebut membuat KPI tidak bisa memaksa stasiun TV di Indonesia untuk menayangkan film kartun buatan dalam negeri.

"Kenapa kemudian, kita itu harus bicara strategi kebudayaan dalam pengertian luas pada akhirnya. Gak bisa KPI memaksa TV untuk di jam tayang anak, harus produksi kartun," Agung Suprio, Ketua KPI.

Mahalnya biaya produksi pembuatan film Kartun membuat stasiun televisi lebih memilih membeli film kartun dari luar negeri, termasuk salah satunya adalah Upin dan Ipin. 

 


Akun official Moeslim Choice Network

Website                  : https://www.moeslimchoice.com
Youtube Channel  : https://www.youtube.com/c/MOESLIMCHOICETV
Instagram              : https://www.instagram.com/moeslimchoice/
Facebook               : https://www.facebook.com/MoeslimChoiveTV
Twitter                    : https://twitter.com/moeslimchoicetv

Top