• Jumat, 20 September 2024 | 05:28
InfoMuslim.id

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo meninjau sekaligus meresmikan dua Desa Mandiri energi dengan instalasi gas rawa di Kabupaten Banjarnegara pada Rabu (18/8). Dua desa tersebut adalah Desa Pegundungan dan desa Bantar, Kecamatan Pejawaran, Kabupaten Banjarnegara.

Menurut Ganjar, Gas rawa atau Biogenic Shallow Gas (BSG) di Desa Pegundungan saat ini telah dialirkan dan digunakan warga di 25 rumah. Setidaknya masih ada sekitar 138 rumah yang belum terpasang instalasi BSG. Adanya saluran gas rawa ini dapat mengurangi ketergantungan warga terhadap elpiji.

"Saya senang hari ini, spirit desa mandiri energi bisa diwujudkan. Dan ternyata Allah kasih rezeki kepada kita di atas tanah yang kita injak itu ternyata ada sesuatu yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat, ya ini gas," Ganjar Pranowo, Gubernur Jawa Tengah.

Ganjar mengatakan, setelah peresmian itu nanti dari Dinas ESDM Provinsi Jawa Tengah akan membantu pemasangan instalasi di 100 rumah. Ganjar pun meminta warga untuk bersama-sama merawat, dan menjaga instalasi gas rawa.

"Dan teman-teman dari SDM Provinsi membantu, dan hari ini kita bisa berikan yaitu kepada warga. Nanti tolong ada yang mengelola karena ini mesin, maka butuh pemeliharaan. Ajari warga, dan jaga lingkungan. 

Dalam peninjauannya tersebut, Ganjar berharap, gas rawa yang disalurkan ke rumah-rumah warga dapat memberikan manfaat lebih bagi masyarakat dan bisa menjadi contoh dan inspirasi bagi desa-desa lain di Jawa Tengah.

"Dan saya berharap, desa ini menjadi contoh, sehingga nanti semua bisa 
terinspirasi, karena sumber daya terdekat dari wilayah kita Insya Allah ada. 
Kalau yang gak punya gas rawa ya mungkin punya panas matahari, bisa juga dipakai atau mungkin tenaga angin yang penting bukan angin ribut gitu kan," Ganjar Pranowo, Gubernur Jawa Tengah. 

Ganjar juga sempat meninjau dapur warga Pegundungan yang memanfaatkan gas rawa ini untuk keperluan memasak sebagai bahan bakar pengganti gas elpiji. 

"Sebelumnya menggunakan kayu sama gas yang 3 kg. Lebih hemat yang instalasi gas rawa ini," Yati, Warga Desa Pegundungan. 

Selain meresmikan ruang instalasi gas rawa, Gubernur Ganjar juga memberikan bantuan paket sembako bagi warga terdampak pandemi covid-19.

 


Akun official Moeslim Choice Network

Website                  : https://www.moeslimchoice.com
Youtube Channel  : https://www.youtube.com/c/MOESLIMCHOICETV
Instagram              : https://www.instagram.com/moeslimchoice/
Facebook               : https://www.facebook.com/MoeslimChoiveTV
Twitter                    : https://twitter.com/moeslimchoicetv

Top