• Sabtu, 23 Oktober 2021 | 19:27
MoeslimChoiceTV

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta agar biaya pemeriksaan deteksi virus corona (covid-19) melalui metode PCR alias tes swab diturunkan menjadi Rp 450 ribu hingga Rp 550 ribu. 

Selain itu, Presiden juga meminta hasil tes polymerase chain reaction (PCR) alias tes swab, bisa dikeluarkan dalam kurun waktu maksimal 1x24 jam.

Hal itu diungkapkan Presiden Jokowi dalam video yang diunggah melalui kanal YouTube Sekretariat Presiden, Minggu (15/8).

"Salah satu cara untuk memperbanyak testing adalah dengan menurunkan harga Tes PCR. Dan saya sudah berbicara dengan Menteri Kesehatan mengenai hal ini. Saya minta agar biaya tes PCR ini, berada di kisaran antara Rp 450 ribu sampai Rp 550 ribu," Presiden Joko Widodo, Presiden RI

Presiden Jokowi, juga meminta agar laboratorium dapat memaksimalkan periode tunggu hasil tes swab maksimal 1x24 jam. Seperti diketahui, hingga saat ini masih terdapat sejumlah laboratorium daerah yang hasil PCR swabnya baru diketahui setelah 3-7 hari setelah pengambilan sampel.

"Selain itu, saya juga minta agar saya juga minta agar tes PCR bisa diketahui 
hasilnya dalam wkt maksimal 1 x 24 jam, kita butuh kecepatan," Joko Widodo, Presiden RI.

Presiden Jokowi di akun media sosialnya, juga menyatakan bahwa penanganan pandemi Covid-19 butuh kecepatan.  

"Penanganan pandemi Covid-19 ini butuh kecepatan dalam testing, tracing, dan treatment. Untuk itulah, saya menginstruksikan Menteri Kesehatan agar hasil tes PCR bisa diketahui paling lambat 1x24 jam. Selain itu, harga tes PCR ini diturunkan sampai di kisaran Rp 450.000 - Rp 550.000." 

Kementerian Kesehatan (Kemenkes), sebelumnya telah menerbitkan Surat Edaran nomor HK. 02.02/I/3713/2020 tentang Batasan Tarif Tertinggi Pemeriksaan Real Time Polymerase Chain Reaction (RT-PCR) pada 5 Oktober 2020 lalu.

Dalam SE tersebut, tertuang bahwa batasan tarif tertinggi untuk pemeriksaan RT-PCR termasuk pengambilan swab adalah Rp 900 ribu. Batasan tarif tersebut berlaku untuk masyarakat yang melakukan pemeriksaan RT-PCR atas permintaan sendiri atau mandiri. 

 


Akun official Moeslim Choice Network

Website                  : https://www.moeslimchoice.com
Youtube Channel  : https://www.youtube.com/c/MOESLIMCHOICETV
Instagram              : https://www.instagram.com/moeslimchoice/
Facebook               : https://www.facebook.com/MoeslimChoiveTV
Twitter                    : https://twitter.com/moeslimchoicetv

Top