• Kamis, 18 Agustus 2022 | 07:42
MoeslimChoiceTV

Pihak kepolisian mengamankan setidaknya 8 orang pengurus Yayasan yang mendirikan pusat pendidikan dan pelatihan (Pusdiklat) untuk Dai di kawasan Buahbatu, Kota Bandung, Jawa Barat. 

Yayasan bernama "Baiti Jannati" itu dituding telah menyebarkan aliran sesat menyusul seorang pria mengaku sebagai Nabi di Bandung.

Kepala Satuan Reserse Kriminal Polrestabes Bandung, AKBP Adanan Mangopang mengatakan, 8 pengurus Yayasan "Baiti Jannati" itu diamankan untuk dimintai keterangan, setelah ada sejumlah warga yang mendatangi Yayasan tersebut pada Rabu (23/6) lalu.

"Untuk sementara kita mengamankan delapan orang pengurus yayasan tersebut dalam arti kita untuk mengantisipasi jangan sampai terjadi friksi atau gesekan antara warga dengan pengurus Yayasan," AKBP Adanan Mangopang, Kepala Satuan Reserse Kriminal Polrestabes Bandung, Kamis (24/6).

Menurut Adanan, Yayasan yang berada di Kawasan Cijawura itu telah didatangi sejumlah warga pada Rabu, 23 Juni lalu sekitar pukul 23.00 WIB. Polisi kemudian datang usai menerima laporan dari warga setempat.

"Warga masyarakat Cijawura menduga bahwa Yayasan ini telah melakukan dugaan penistaan pada agama, karena salah satu tokohnya dianggap mengaku sebagai Rasul ke-26," AKBP Adanan Mangopang,  Kepala Satuan Reserse Kriminal Polrestabes Bandung

Polisi kemudian mendatangi lokasi, dan bertemu dengan pimpinan pengurus Yayasan. Setelah dilakukan mediasi antara kelompok warga dengan pimpinan Yayasan, polisi lalu menangkap dan membawa 8 orang pengurus Yayasan tersebut ke Polrestabes, agar terhindar dari gesekan dengan warga. 

Delapan orang yang diamankan tersebut adalah Ketua Pengurus Yayasan, Wakil Ketua, Humas, dan beberapa pengurus utama yayasan. 

Adanan juga menambahkan, bahwa pihaknya telah berkoordinasi dengan unsur kewilayahan dan MUI, serta pemuka agama terkait penanganan kasus tersebut.

 


Akun official Moeslim Choice Network

Website                  : https://www.moeslimchoice.com
Youtube Channel  : https://www.youtube.com/c/MOESLIMCHOICETV
Instagram              : https://www.instagram.com/moeslimchoice/
Facebook               : https://www.facebook.com/MoeslimChoiveTV
Twitter                    : https://twitter.com/moeslimchoicetv

Top