• Sabtu, 24 Juli 2021 | 01:56
MoeslimChoiceTV

Warganet dihebohkan dengan video amatir  terkait fenomena alam matahari terbit di sebelah utara di Jeneponto, Sulawesi Selatan. Video yang viral di Media Sosial tersebut direkam salah seorang guru di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Binanamu Jeneponto pada Kamis (17/6/2021) pagi.

Dalam video yang berdurasi 3 menit 23 detik itu, guru yang diketahui bernama Sulaiman itu menceritakan tentang posisi matahari yang disebut berada di arah utara. Berikut videonya:

Menanggapi fenomena itu, Prakirawan BMKG Makassar Dwi angakat bicara. Ia mengatakan bahwa fenomena matahari yang terbit dari utara memang benar terjadi hari ini.

Ia menjekaskan, fenomena itu terjadi akibat adanya pergerakan semu matahari, dimana rotasi bumi berputar mengelilingi matahari yang tidak tegak lurus sudutnya, posisi bumi miring sekitar 23 drajat.

"Jadi ada kalanya belahan utara lebih banyak menerima sinar matahari dan sebaliknya belahan bumi selatan juga," jelasny kepada awak media, Kamis sore.

Menurutnya, kejadian ini terbilang sudah lumrah. Fakto penyebabnya adalah pergantian musim. "Selalu sepertu itu polanya, salah satu penyeb terbentuknya cuaca. Adanya musim dingin dan panas," jelasnya.

Dia menuturkan, bahwa fenomena ini di sebut Gerak Semu Matahari (GSM). 

"Sekarang ini matahari lebih banyak menyinari belahan bumi utara sehingga musim panas di wilayah belahan utara, sedangkan belahan selatan terjadi musim dingin," ungkapnya.

 


Akun official Moeslim Choice Network

Website                  : https://www.moeslimchoice.com
Youtube Channel  : https://www.youtube.com/c/MOESLIMCHOICETV
Instagram              : https://www.instagram.com/moeslimchoicetv/
Facebook               : https://www.facebook.com/MoeslimChoiveTV
Twitter                    : https://twitter.com/moeslimchoicetv

Top