• Sabtu, 10 April 2021 | 19:28
MoeslimChoiceTV

Pada awal abad 1 H atau awal abad 8 Masehi, agama Islam masuk ke Kota Palembang, hingga tumbuh dan berkembang pesat di sepanjang abad ke-7 sampai abad ke-14 Masehi.

Namun, budaya Islam di Palembang tak pernah luntur. Masjid-masjid yang pernah didirikan pada saat itu dengan akulturasi arsitektur masih kokoh berdiri hingga sekarang.

Berikut empat masjid tertua di Palembang yang menjadi saksi syiar agama Islam :

1. Masjid Agung Palembang
Masjid Agung Palembang merupakan bangunan masjid tertua di Palembang. Masjid ini didirikan pada abad ke-16 oleh Sultan Mahmud Badaruddin Jayo Wikramo (SMB I). Namun karena perang yang terjadi di Palembang pada tahun 1659, seluruh bangunan lama habis terbakar. Lalu kembali didirikan pada tahun 1738.

2. Masjid Kiai Marogan 
Masjid selanjutnya adalah Masjid Kiai Marogan di kelurahan 1 Ulu Palembang, tepatnya berada persis di samping stasiun kereta Kertapati Palembang. Masjid yang didirikan pada tahun 1871, atau pada masa kesultanan Palembang menjadi tanda Islam yang sangat mengakar di Bumi Sriwijaya.

3. Masjid Lawang Kidul 
Masjid kedua yang dibangun Kiai Marogan ini didirikan di aliran Muara Sungai Lawang Kidul, sedangkan Masjid Kiai Marogan yang dibangun sebelumnya berada di muara sungai Ogan di wilayah ulu.

4. Masjid Suro 
Masjid tertua terakhir yang didirikan pada masa sebelum Indonesia merdeka yakni Masjid Besar Al-Mahmudiyah, atau dikenal masyarakat Palembang dengan nama Masjid Suro, masjid tersebut terkenal dengan bubur suro saat puasa.

 


Akun official Moeslim Choice Network

Website                  : https://www.moeslimchoice.com
Youtube Channel  : https://www.youtube.com/c/MOESLIMCHOICETV
Instagram              : https://www.instagram.com/moeslimchoicetv/
Facebook               : https://www.facebook.com/MoeslimChoiveTV
Twitter                    : https://twitter.com/moeslimchoicetv

Top