• Sabtu, 10 April 2021 | 18:44
MoeslimChoiceTV

Bagaimana jika vaksin Covid-19 yang saat ini beredar tidak efektif melawan virus corona B117? Menurut Ahli Biologi Molekuler Ahmad Rusdan Handoyo jika hal itu terjadi, maka vaksin bisa dimodifikasi jika terbukti tak lagi efektif lawan varian baru virus corona B117 atau kehilangan efikasinya sama sekali.

"Nampaknya vaksin memang perlu dimodifikasi kalau memang terbukti bahwa vaksin yang ada kehilangan efikasinya sama sekali. Tapi tentu data menunjukkan bahwa antibodi yang dibentuk dari vaksinasi masih ada keampuhan," ujar Ahmad. Namun, menurutnya hingga saat ini belum ada vaksin yang dilaporkan tidak ampuh melawan mutasi virus SARS-CoV-2. Dia mengatakan hingga saat ini seluruh vaksin yang ada hanya dilaporkan mengalami penurunan efikasi.

Melansir dari Washington Post, para ahli penyakit menular optimis varian baru virus corona masih rentan terhadap vaksin Covid-19. Jika virus akan bermutasi lebih lanjut, para ahli mengatakan vaksin dapat dengan cepat diprogram ulang agar tetap efektif melawan varian baru.

 


Akun official Moeslim Choice Network

Website                  : https://www.moeslimchoice.com
Youtube Channel  : https://www.youtube.com/c/MOESLIMCHOICETV
Instagram              : https://www.instagram.com/moeslimchoicetv/
Facebook               : https://www.facebook.com/MoeslimChoiveTV
Twitter                    : https://twitter.com/moeslimchoicetv

Top