• Sabtu, 10 April 2021 | 18:53
MoeslimChoiceTV

Dua orang Ilmuwan Muslim pasangan suami-istri di Jerman adalah penemu vaksin Covid-19. 

dr Ugur Sahin dan dr Ozlem Tureci yang berhasil menemukan vaksin dengan klaim 90 persen efektif mencegah virus covid-19. Vaksin ini sudah dalam tahap uji coba fase ketiga dan dikembangkan di BioNTech, perusahaan yang didirikan mereka.

Januari 2020 saat dr Sahin membaca sebuah artikel tentang Corona di sebuah jurnal kesehatan yang menjadikannya yakin bahwa virus yang saat itu menyebar cepat di China akan menjadi pandemi global.

“Vaksin ini bisa menjadi permulaan dari berakhirnya pandemi Covid-19,” kata dr Sahin dikutip dari New York Time, Selasa (10/11/2020).

Sahin adalah pria kelahiran Turki pindah ke Jerman pada umur 4 tahun bersama orang tuanya yang bekerja di sebuah perusahaan Jerman. Semenjak kecil, ia bercita-cita menjadi seorang dokter. Ia bertemu dengan istrinya, dr Tureci kelahiran Jerman yang menjadi imigran dari Istanbul. Saat ini dr Turcei lah yang dipercaya sebagai pimpinan BioNTech milik mereka.

Kedua peneliti yang sudah menjadi miliader ini tinggal bersama putri remaja mereka di sebuah apartemen sederhana dekat dengan kantornya.

Top