• Rabu, 23 September 2020 | 13:57
MoeslimChoiceTV

Muharam merupakan bulan pertama di tahun hijriah yang penuh kenikmatan bagi kaum Muslimin. Di bulan ini Allah Subhanahu wa ta'ala melimpahkan pahala kepada hamba-Nya yang selalu taat beribadah.

Abu Utsman An-Nandi mengatakan, "Adakah para salaf mengagungkan waktu dan sepuluh hari yang utama yaitu, sepuluh hari terakhir di bulan Ramadhan, sepuluh hari pertama di bulan Dzulhijjah, dan sepuluh hari di bulan Muharam."


1. Puasa

Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda:

أَفْضَلُ الصِّيَامِ بَعْدَ رَمَضَانَ شَهْرُ اللَّهِ الْمُحَرَّمُ

Artinya: "Puasa yang paling afdhal setelah puasa Ramadhan adalah puasa pada bulan Allah al Muharram." (HR Muslim nomor 1982)

Maksudnya setiap Muslim dianjurkan memperbanyak puasa sunah pada bulan ini, terutama ketika hari Asyura (10 Muharam). Akan tetapi perlu diingat bahwa Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam juga tidak menganjurkan berpuasa penuh di bulan Muharram, karena beliau tidak pernah berpuasa sebulan penuh kecuali pada bulan Ramadhan.

2. Perbanyak amal salih

Bagi Muslimin yang memperbanyak amal salih pada bulan Muharam maka akan menuai pahala yang besar dan mendapat nikmat serta kemurahan dari Allah Subhanahu wa ta'ala.

Memperbanyak amal salih adalah keutamaan yang besar yang sangat disukai oleh Allah Subhanahu wa ta'ala. Sesungguhnya Allah Ta'ala adalah pemberi nikmat, pemberi keutamaan sesuai kehendak-Nya dan kepada siapa saja yang dikehendaki. Subhanllah sengguh besar kasih sayang Allah Ta'ala kepada hamba-Nya.

3. Tobat

Memohon ampunan dan bertobat adalah jalan kembali kepada Allah Subhanahu wa ta'ala dari perkara yang dibenci secara lahir dan batin menuju ke perkara yang Allah Ta'ala senangi. Menyesali atas dosa yang telah lalu, meninggalkan segala perbuatan buruk, dan bertekad tidak mengulanginya kembali. Tobat merupakan tugas setiap hamb-Nya seumur hidup.

Tidak ada hari yang tidak baik dari Allah Subhanahu wa ta'ala kepada hamba-Nya. Setiap saat yang dilewati semuanya adalah bentuk rahmat dan karunia dari Allah Subhanahu wa ta'ala.

Allah Subhanahu wa ta'ala menginginkan hamba-Nya selalu menjalani perbuatan baik, meninggalkan perbuatan buruk, sungguh begitu besar kasih sayang Allah Ta'ala. Semoga di bulan Muharam semua Muslim dapat melaksanakan amalan yang baik agar mendapat pahala dari Allah Ta'ala.

Top