• Ahad, 29 November 2020 | 23:38
MoeslimChoiceTV

1.000 jamaah berkumpul di kawasan Mina, Kota Makkah, Arab Saudi, pada hari ini, Rabu 29 Juli 2020, untuk memulai hari pertama ibadah haji. Prosesi haji diawali dengan tarwiyah sebagai tanda dimulainya ibadah tersebut.

Dikutip dari Arabnews, Rabu (29/7/2020), pelaksanaan ibadah haji tahun ini tidak seperti biasanya. Tidak ada ritual besar, sehingga para jamaah akan menghabiskan waktu untuk beribadah hingga Kamis besok.

Pembatasan dalam pelaksanaan ibadah haji ini dikarenakan masih adanya wabah virus corona (covid-19). Tenda-tenda yang biasa berderet di Mina, yakni sekira 7 kilometer timur laut Masjidil Haram, Kota Makkah, kini tampak sepi, tidak seramai tahun-tahun sebelumnya.

Kemudian area Masjidil Haram juga telah dibersihkan dan disterilisasi oleh petugas agar jamaah haji lebih khusyuk dan nyaman saat beribadah, serta meminimalisasi persebaran covid-19.

Lebih lanjut para jamaah haji juga dilarang menyentuh Kakbah, sebab dikhawatirkan bisa memicu persebaran virus corona. Kemudian diberlakukan protokol kesehatan secara ketat lainnya.

Sebelum memasuki area Masjidil Haram, jamaah haji diperiksa lebih dulu. Mereka juga diwajibkan mengenakan masker, menjaga jarak sosial, dan lainnya.

Top