• Kamis, 27 Juni 2019 | 12:57
MoeslimChoiceTV

Biasakan Pegawai Pemprov Naik Angkutan Umum, Gubernur Sumsel Pulang Kantor Naik LRT

Palembang - Demi mensosialisasikan gerakan wajib sebulan sekali naik transportasi umum bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) dan honorer di lingkungan Pemprov Sumsel, Gubernur Sumsel H. Herman Deru rela berdesakan naik LRT bersama penumpang saat pulang kantor, Selasa (11/6) sore.

Gubernur Herman Deru dan rombongan terlihat naik LRT dari Stasiun Dishub yang berada di seberang kantor Gubernur Sumsel pada jam keberangkatan 15.56 wib. Dengan berjalan kaki, mantan Bupati OKU Timur itu berangkat dari kantornya menuju Stasiun Dishub di bawah guyuran hujan gerimis.

Sambil menunggu LRT datang, Gubernur tampak duduk di wating area dan sesekali berinteraksi dengan beberapa pegawai yang juga ikut menunggu. Tak berapa lama LRT yang ditunggupun datang. Tanpa sungkan Herman Deru langsung masuk berbaur dengan penumpang yang sudah memadati gerbong LRT. Aksinya ini tak pelak membuat beberapa penumpang utamanya para ibu-ibu heboh. Merekapun langsung berebutan melakukan swafoto. 

Usai berinteraksi dengan warga dan penumpang dalam LRT, Herman Deru sendiri memilih turun di Stasiun Demang Lebar Daun, untuk kemudian pulang ke rumah dinasnya di Griya Agung.

"Ini ajakan konkret untuk mengajak masyarakat terutama ASN dan honorer untuk biasa
menggunakan LRT.  Kita tahu LRT ini adalah aset yang mahal kita dapatkan dari pusat. Makanya LRT ini bukan hanya harus kita pelihara tapi dimanfaatkan dengan maksimal," jelasnya. 

Sejak diberlakukan 1 April lalu atas inisiasinya, imbauan sebulan sekali naik transporasi umum ini kata Herman Deru akan diintensifkan secara bertahap. Bisa menjadi dua minggu sekali, bahkan lebih dari itu. Melalui kampanye dan sosialisasi semacam ini diharapkannya akan berdampak pada peningkatan penggunaan transportasi umum oleh masyarakat.

"Selain mengurangi kemacetan, dengan penerapan penggunaan transportasi umum ke tempat kerja ini tentu akan mengurangi polusi udara. Karena volume kendaraan pasti ikut berkurang.," jelasnya.

Menurut Herman Deru aturan soal ASN wajib naik transportasi umum sebukan sekali yang dikeluarkannya juga memberi konsekuensi bagi dirinya sendiri. Oleh karena itu pula untuk memberikan contoh ia sengaja pulang kantor naik LRT pertama di Indonesia tersebut.

Top