• Senin, 26 Agustus 2019 | 07:28
MoeslimChoiceTV

MASJID RAMLIE MUSOFA YANG BERLOKASI DI KAWASAN SUNTER, JAKARTA UTARA ITU DIJULUKI SEBAGAI TAJ MAHAL INDONESIA.

YA, ARSITEKTUR MASJID RAMLIE MEMANG SENGAJA DIBUAT MIRIP TAJ MAHAL YANG ADA DI INDIA. MENURUT CERITA, SI PENDIRI MASJID, H. RAMLEE RASIDIN YANG MERUPAKAN SEORANG PENGUSAHA TIONGHOA MUALAF, TERINSIRASI OLEH KISAH BERDIRINYA TAJ MAHAL YANG MENJADI MONUMEN LAMBANG CINTA SEORANG RAJA TERHADAP ISTRINYA.

ADAPUN NAMA YANG DIGUNAKAN MASJID TERSEBUT BERASAL DARI INISIAL KELUARGA PENDIRINYA YAITU RA, UNTUK RAMLI DAN LIE UNTUK NAMA SANG ISTRI, LIE NJOK KIM. SEMENTARA MU YANG BERASAL DARI NAMA ANAK PERTAMA, MUHAMMAD, SO DARI SOFIAN SI ANAK KEDUA, DAN FA DARI KATA FABIAN, NAMA ANAK KETIGANYA.

SELAIN ARSITEKTUR YANG MENYERUPAI TAJ MAHAL, MASJID RAMLIE JUGA MEMILIKI KEUNIKAN LAIN YAKNI ADANYA KALIGRAFI SURAT AL QURAN DI DINDINGNYA. UNIKNYA, SURAT TERSEBUT DIPAHAT DALAM TIGA BAHASA, YAITU BAHASA ARAB, INDONESIA DAN MANDARIN.

AKSARA CHINA YANG DIHADIRKAN DI MASJID TERSEBUT MERUPAKAN PENANDA BAHWA MASJID RAMLIE DIDIRIKAN OLEH KETURUNAN TIONGHOA. SELAIN ITU, DAPAT JUGA MEMUDAHKAN TURIS CHINA YANG INGIN MEMAHAMI ISLAM.

Top